Motif Batik Gresik


Ciri khas batik Gresik adalah mempunyai filosofi yang mencerminkan ciri khas Kota Gresik. Salah satu motif batik yang terkenal adalah motif loh bandeng. motif loh bandeng merupakan ikan khas dari Gresik.

Batik “Loh Bandeng” Gresik adalah design motif yang menggambarkan salah satu produk unggulan daerah kabupaten Gresik. Gresik menurut Stamford Raffles dalam bukunya “The History of Java” berpendapat bahwa Gresik berasal dari kata “Giri” dan “Gisik” yang berarti tanah di tepi laut (pesisir), kemudian menjadi ”Giri-sik” dan akhirnya berubah menjadi “Gresik” (SEJARAH SINGKAT KOTA GRESIK).

Wilayah pantai Gresik terkenal dengan pelabuhan dan perdagangan sejak zaman dahulu. Daerah pesisir Kabupaten juga merupakan wilayah pertambakan yang menghasilkan ikan bandeng yang dijual mulai dari bibit sampai yang sudah dimasak menjadi produk makanan khas dari Kabupaten Gresik “Othak-othak Bandeng” dan “Jenang Pudhak” sangat pas sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

  1. Secara implisit design motif batik “Loh Bandeng” Gresik juga mengandung pesan-pesan dalam tatananya antara lain :

  • Tatanan bentuk ikan yang rapat hampir tanpa celah dimaksudkan agar semangat kebersamaan dan persatuan tetap diajdikan kekuatan utama dalam mencapai tujuan mulia.

  • Keberagaman ukuran bentuk dan warna, serta gerak ikan yang dinamis mengandung pesan agar segala perbedaan dapat dilihat sebagai wujud kebebasan berekspresi dalam berdemokrasi yang melahirkan keindahan, kesempurnaan dalam berbangsa.

  • Wujud ikan tanpa kepala dimaksudkan untuk pesan agar dalam menjaga keutuhan dalam kebersamaan hendaknya tidak memaksakan pandangan dan pemikiran demi kepentingan pribadi saja, tetapi harus juga mengutamakan kepentingan umum dan hak azasi.

 


Jenis dan Motif Batik Gresik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Ponorogo

Motif Batik Pontianak

Motif Batik Banjarmasin