Motif Batik Aceh

Motif Batik Aceh






















Motif Batik Aceh terlihat unik dan khas karena menggunakan unsur alam dan budaya Aceh dalam paduan warnanya. Warna yang digunakan pada Batik Aceh lebih dominan pada warna-warna yang cerah seperti merah, hijau, kuning, merah muda, dan lain sebagainya. Keberanian memainkan warna itulah yang memberikan kesan unik dan glamor. Jarang sekali penggunaan motif binatang pada Batik Aceh, hal tersebut dikarenakan larangan syariat Islam untuk menggambarkan makhluk bernyawa dalam pembuatan kain batik. Pengaruh Islam yang kuat pun tercermin pada bentuk sulur, melingkar, dan garis pada tiap motif. Motif yang menjadi sesuatu yang menarik karena batik Aceh adalah menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat Aceh itu sendiri. Untuk masalah warna, batik Aceh lebih dominan menggunakan warna yang cerah. 

Masyarakat Aceh pada umumnya seringkali menggunakan motif batik aceh sebagai busana resmi ataupun non-resmi. Sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Aceh, model baju batik Aceh pun disesuaikan dengan aturan atau hukum syariat Islam yang diterapkan pada pemerintah Aceh. Pada batik aceh untuk wanita biasanya diwarnai dengan model garis panjang dan longgar. Batik aceh ini juga tidak hanya digunakan sebagai bahan baju batik akan tetapi juga dibuat untuk produk lainnya seperti topi, mukena, dompet, tas, maupun aksesoris lainnya.

Setelah Aceh terkena musibah atau dampak tsunami, Batik Aceh mulai digalakkan dengan melakukan pembinaan kepada masyarakat dari pemerintah Aceh terutamanya melalui Dekranas. Pusat kerajinan batik berada di Banda Aceh dan Lhokseumawe, dengan mendatangkan tentor batik dari jawa untuk melatih para pengrajin batik aceh. Saat ini, Batik Aceh sangat populer di sentra batik Aceh pada Desa Meunasah Manyang, Kabupaten Aceh Besar.

Batik Aceh membuat khazanah budaya batik Indonesia semakin beragam dengan menerapkan perpaduan warna sampai dengan motif batik yang dihasilkan berbeda-beda di setiap daerah, dengan tidak ingin meninggalkan kearifan lokal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Ponorogo

Motif Batik Pontianak

Motif Batik Banjarmasin